Verified

PERINGATAN 49 TAHUN ANEKSASI PAPUA BARAT 13 Orang Ditangkap, 1 Orang Tewas

16:30 May 1 2012 Jayapura, Papua, Indonesia
End Time: 16:30 May 9 2012

Description
PERINGATAN 49 TAHUN ANEKSASI PAPUA BARAT
13 Orang Ditangkap, 1 Orang Tewas

ELSHAM Papua
Abepura, 2 Mei 2012

Selasa (1/5), Komite Nasional Papua Barat (KNPB) lakukan aksi memperingati aneksasi Bangsa Papua Barat ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-49. Berdasarkan hasil pantauan Elsham, pukul 08:00 WP, masa telah berkumpul di depan Expo Waena melakukan orasi sambil menunggu masa dari Sentani. Sementara di persimpangan Perumnas tiga (3) Waena, masa KNPB lakukan pemalangan kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) sambil berorasi. Pukul 10:00 WP, massa dari Sentani gunakan 4 truk tiba di Expo Waena. Selanjutnya massa melakukan long march menuju ke Abepura. Di depan Kampus Uncen Lama dan kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) Padang Bulan, masa KNPB lalu bergabung bersama-sama masa yang datang dari Expo Waena, untuk seterusnya melanjutkan perjalanan ke Taman Imbi di jantung kota Jayapura.

Pukul 14:27 WP, massa KNPB berkumpul di depan Gedung Dewan Kesenian di Tanah Papua sambil berorasi. Buchtar Tabuni saat berorasi mengatakan “Hari ini adalah hari di mana rakyat Papua Barat memperingati 49 Tahun Aneksasi bangsa Papua Barat yang jatuh ke tangan Negara Indonesia, dan seluruh rakyat Papua Barat menolak dan menentang aneksasi bangsa Papua Barat ke dalam pangkuan Negara Indonesia.” Menurut Buctar, ini adalah awal terjadinya pelanggaran HAM Berat terhadap Rakyat Papua Barat.

Dari pantauan Elsham, dua buah mobil baracuda milik Polda Papua, tiga (3) mobil tertulis Polresta Kota Jayapura, dan 4 Mobil tertulis Korps Brimob Papua disiagakan di depan pintu dan halaman kantor DPRP Papua. Sementara kepolisian dari Mapolres Kota Jayapura, Brimobda Polda Papua dengan senjata lengkap bersiaga di depan kantor DPRP, sebagian di dalam halaman kantor DPRP dan sebagian siaga di depan kantor PANWASLU depan Taman Imbi.

Dilaporkan bahwa ada upaya untuk mengibarkan bendera Bintang Kejora di lapangan samping makam Theys H. Eluay di Sentani, namun rencana tersebut digagalkan oleh pihak kepolisian yang berjaga disana. Polisi lalu menangkap 13 orang yang dianggap sebagai pelaku yang ingin mengibarkan Bintang Kejora, termasuk Darius Kogoya yang diduga sebagai pemimpin aksi.

Terjolih Weah Tertembak di dekat Koramil Abepura
Setelah usai mengikuti demonstrasi yang diorganisir oleh KNPB, Terjolih Weah (23) bersama rekan-rekannya kembali ke Abepura menggunakan truck.

Menurut saksi yang tidak ingin namanya disebutkan, korban bersama temannya (teman perempuan) berpegangan tangan sambil berjalan dari lingkaran Abepura melewati trotoar dekat Gereja Elim. Ketika berada di antara Gedung Gereja Elim dan Koramil, orang tak dikenal lakukan penembakan mengakibatkan korban jatuh. Menurut saksi, saat itu korban berteriak minta tolong lalu saksi minta tolong pada teman-temannya yang baru pulang demo mengantar korban ke Rumah Sakit Dian Harapan. Namun korban yang adalah mahasiswa semester VI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbai, tidak dapat ditolong dan akhirnya meninggal dunia. Saksi menyampaikan bahwa peristiwa penembakan terjadi pukul 18:21 WP.

Hasil pantauan Elsham, korban kena tembak di bagian perut tembus belakang. Ketika korban dioperasi, Tim Medis (dokter) menemukan sebutir proyektil di dalam perut korban. Hingga laporan ini dibuat, pihak rumah sakit tidak mau berkomentar tentang hasil pemeriksaan. Jenazah korban lalu di bawa dengan mobil jenazah milik Rumah Sakit Dian Harapan dan disemayamkan di Asrama Mahasiswa Kabupaten Tolikara yang beralamat di jalan Yoka.

Pihak keluarga korban berencana untuk mengarak jenazah korban pada hari ini (2/5/2012), ke Mapolda Papua, sebagai wujud protes dan akan mendesak pihak kepolisian untuk segera mengungkap pelaku penembakan yang menyebabkan korban tewas. Berdasarkan pemantauan Elsham pada pagi hari ini, aparat Brimob mulai menyiagakan personilnya untuk mengantisipasi rencana pengarakan jenazah [email protected]
Credibility: UP DOWN 0
Files
Uploaded files associated with this report

Additional Reports

Pelanggaran HAM Papua 2000 _ Jayapura

04:46 Dec 07, 2000

Jayapura, 0.59 Kms

Penghilangan paksa Pineas Torey

09:15 Jan 01, 1969

Dok V, Jayapura, Papua, 1.05 Kms

Pelanggaran HAM Papua 2000 _ Abepura

02:20 Dec 07, 2000

Abepura Papua, 8.46 Kms

Penyiksaan Di Lapas Klas II A Abepura_Jayapura_Papua

04:43 Apr 30, 2012

Abepura, Jayapura, Papua, 8.47 Kms